Jumat, 09 November 2018

Bauran Pemasaran 5P dan 7P

Bauran Pemasaran 5P
Bauran Pemasarran 5P adalah taktik marketing yang dapat Anda gunakan dalam kombinasi yang berbeda-beda untuk memenangkan hati klien dalam target market Anda. 5P ini dapat Anda kontrol bergantung pada kondisi internal dan eksternal Anda. Kombinasi taktik marketing yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan klien Anda disebut sebagai penggunaan ‘tactical marketing mix’.

Product
Product disini mengacu pada apa yang dijual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien Anda dengan membeli produk atau servis Anda. Saat memasarkan product, pikirkan fitur kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari produk.

Price
Price berhubungan dengan strategi harga produk dan servis dan bagaimana itu akan mempengaruhi klien Anda. Anda harus mengidentifikasikan seberapa besar klien Anda akan membayar produk Anda, margin profit dan metode pembayaran, juga biaya lainnya. Untuk menarik pelanggan dan memenangkan kompetisi, Anda sepertinya juga harus mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.

Promotion
Aktivitas promosi yang patut digunakan untuk menarik klien seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan penjualan langsung. Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik marketing.

Place
Place adalah dimana produk atau servis akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien menuju ke produk atau servis Anda adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan klien dapat menemukannya dengan mudah.
Jika Anda baru memulai bisnis baru, menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik marketing Anda.

People
People mengacu pada staf dan salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri Anda sendiri. Saat Anda menyediakan customer service yang unggul, Anda telah membangun pengalaman positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung Anda juga telah menjual brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan servis unggul Anda dan menjalankan program referral Anda.
Ciptakan keuntungan bisnis Anda dengan merekrut orang yang tepat, memberikan pelatihan pada karyawan Anda untuk mengembangkan kemampuan dan mempertahankan staf yang cakap.

Bauran Pemaasaran 7P
Bauran Pemasaran 7P sering dikenal sebagai extensi dari maketing mix 4P yang sudah lebih dulu ada, dan digunakan oleh para pemasar untuk memberi penekanan akan pentingnya sebuah proses dalam membangun sebuah keunggulan bersaing, pentingnya Physical evidence sebagai bukti bahwa perusahaan atau merek produk/layanan tersebut memang memiliki kredibilitas yang tinggi, dan petingnya aspek People untuk memastikan semua elemen dalam bauran pemasaran bisa dijalankan dengan tepat.
Pada dasarnya marketing mix 7Ps ini memang melengkapi konsep 4P yang sudah digunakan oleh banyak pemasar sebelumnya, dimana 3P tambahan tersebut banyak dikaitkan dengan pemasaran bidang jasa atau layanan, itulah sebabnya model ini dikenal juga dengan bauran pemasaran jasa. Namun secara umum, konsep 7P ini (product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence) digunakan untuk mengambil keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran.

Product
Produk merupakan segala sesuatu yang ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan. Produk yang ditawarkan meliputi barang fisik, jasa, kegiatan, pengalaman, orang, tempat, organisasi, dan ide. Jadi produk yang berupa manfaat tangible (langsung) maupun intangible (tidak langsung) yang dapat memuaskan pelanggan.
Produk juga merupakan keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah nilai kepada konsumen. Yang perlu diperhatikan dalam produk adalah konsumen tidak hanya membeli fisik dari produk itu saja tetapi membeli manfaat dan nilai dari produk tersebut yang disebut “the offer”. Terutama pada produk jasa yang kita kenal tidak menimbulkan beralihnya kepemilikan dari penyedia jasa kepada konsumen.

Price
Penentuan harga merupakan titik kritis dalam bauran pemasaran, karena harga menetukan “pendapat” dari suatu usaha. Di samping itu juga harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang merupakan penerimaan penjualan. Sedangkan unsur lainnya merupakan unsur biaya saja. Keputusan   penentuan harga juga sangat signifikan di dalam penentuan nilai atau manfaat yang diberikan kepada pelanggan dan memainkan peranan penting dalam gambaran kualitas produk.
Strategi penentuan harga (pricing) sangat signifikan dalam pemberian nilai kepada konsumen  dan mempengaruhi citra produk, serta keputusan konsumen untuk membeli. Penetuan harga juga berhubungan dengan pendapatan dan turut memengaruhi penawaran atau saluran pemasaran. Akan tetapi hal terpenting adalah keputusan dalam penentuan harga harus konsisten dengan strategi marketing secara keseluruhan.

Place
Untuk produk industri manufactur, place, diartikan sebagai saluran distribusi (zero chanel, two level chanel, and multi level chanel), sedangkan untuk produk industri jasa, place diartikan sebagai tempat pelayanan jasa. Lokasi pelayanan jasa yang digunakan dalam memasok jasa kepada pelanggan yang dituju merupakan kunci dari keputusan. Keputusan mengenai lokasi pelayanan yang akan digunakan melibatkan pertimbangan bagaimana penyampaian jasa kepada pelanggan dan di mana itu akan berlangsung. Tempat juga penting sebagai lingkungan di mana dan bagaimana jasa akan diserahkan, sebagai bagian dari nilai dan manfaat dari jasa.
Tempat dalam jasa merupakan gabungan antara lokasi dan keputusan saluran distribusi, dalam hal ini berhubungan dengan bagaimana cara penyampaian jasa kepada konsumen dan dimana lokasi yang strategis.

Promotion
Pada hakekatnya promosi merupakan suatu aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya. Hal yang diperhatikan dalam promosi adalah pemilihan bauran promosi. Bauran promosi itu tidak lain adalah bermacam-macam cara atau kegiatan promosi yang dilakukan untuk mempengaruhi target pasar. Ada lima macam alat promosi yang dapat digunakan yaitu:
  1. Periklanan (Advertising) : Banner, brosur, poster
  2. Promosi penjualan (Sales Promotion) : Diskon, potongan penjualan
  3. Publilitas (Publicity) : Customer service, public relation
  4. Penjualan pribadi (Personal selling) : Salesman
  5. Pemasaran langsung (Direct Marketing) : Website

+3p Untuk Marketing Mix Jasa
Jasa sendiri sangat berbeda karakteristiknya dengan produk. Perbedaan produk dan jasa dikarenakan sifat dari jasa yang tidak berwujud (intangibility), tidak bisa disimpan/tidak tahan lama (perishability), tidak terpisahkan dengan yang memberikan jasa (inseparability), dan bervariasi (variability) tidak sama hasilnya meskipun dilakukan oleh satu orang yang sama. Maka untuk jasa, marketing mix di tambah 3 lagi:

People
Orang adalah semua pelaku yang mempermainkan perana dalam penyedia jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi pelanggan. Elemen-elemen dari people adalah pegawai perusahaan, konsumen dan konsumen lain dalam lingkungan jasa. Dalam hubungan dengan pemasaran jasa, maka orang yang berfungsi sebagai penyedia jasa sangat mempengaruhi kualitas jasa  yang diberikan, keputusan  mengenai orang ini berarti berhubungan dengan seleksi, pelatihan, motivasi dan manajemen sumber daya manusia.

Process
Proses merupakan gabungan semua aktivitas umumnya terdiri atas prosedur, jadwal pekerjaan, mekanisme, aktivitas, dan hal-hal rutin, dimana jasa dihasilkan dan disampikan pada konsumen., Proses dapat dibedakan dalam dua cara yaitu:
  1. Kompleksitas (Complexity), berhubungan dengan langkah-langkah dan tahapan proses
  2. Keragaman (divergence), berhubungan dengan adanya perubahan dalam langkah-langkah atau tahapan proses.
  3. Layanan Konsumen (Customer service).

Physical Evidence
Physical Evidence atau bukti fisik adalah lingkungan tempat jasa disampaikan dan tempat penyedia jasa dengan konsumen berinteraksi. Beserta dengan semua komponen lainnya yang mendukung terwujudnya atau terkomunikasinya jasa. Elemen dari Physical Evidence termasuk seluruh aspek fasilitas fisik dari organisasi jasa yang terdiri dari atribut eksterior dan interior serta hal berwujud lainnya.



Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar