Bauran Pemasaran 5P
Bauran
Pemasarran 5P adalah taktik marketing yang dapat Anda gunakan dalam kombinasi
yang berbeda-beda untuk memenangkan hati klien dalam target market Anda. 5P ini
dapat Anda kontrol bergantung pada kondisi internal dan eksternal Anda.
Kombinasi taktik marketing yang berbeda-beda untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan klien Anda disebut sebagai penggunaan ‘tactical marketing mix’.
Product
Product disini mengacu pada apa yang
dijual, termasuk fitur dan keuntungan yang akan didapatkan oleh klien Anda
dengan membeli produk atau servis Anda. Saat memasarkan product, pikirkan fitur
kunci dan kelebihan yang diinginkan atau dibutuhkan oleh klien Anda. Anda dapat
menggunakan research and development untuk menginfokan perkembangan baru dari
produk.
Price
Price berhubungan dengan strategi
harga produk dan servis dan bagaimana itu akan mempengaruhi klien Anda. Anda
harus mengidentifikasikan seberapa besar klien Anda akan membayar produk Anda,
margin profit dan metode pembayaran, juga biaya lainnya. Untuk menarik
pelanggan dan memenangkan kompetisi, Anda sepertinya juga harus
mempertimbangkan kemungkinan memberikan diskon.
Promotion
Aktivitas promosi yang patut digunakan
untuk menarik klien seperti iklan, taktik penjualan, promosi, dan penjualan
langsung. Secara umum kegiatan tersebut disebut sebagai taktik marketing.
Place
Place adalah dimana produk atau
servis akan dilihat, dibuat, dijual, atau didistribusikan. Akses klien menuju
ke produk atau servis Anda adalah kunci utama dan sangat penting untuk memastikan
klien dapat menemukannya dengan mudah.
Jika Anda baru memulai bisnis baru,
menemukan lokasi bisnis yang tepat adalah kunci utama taktik marketing Anda.
People
People mengacu pada staf dan
salesman yang bekerja untuk bisnis Anda, termasuk diri Anda sendiri. Saat
Anda menyediakan customer service yang unggul, Anda telah membangun pengalaman
positif untuk klien Anda, dan secara tidak langsung Anda juga telah menjual
brand Anda pada klien. Sebagai balasan, klien yang ada akan menyebarluaskan
servis unggul Anda dan menjalankan program referral Anda.
Ciptakan keuntungan bisnis Anda
dengan merekrut orang yang tepat, memberikan pelatihan pada karyawan Anda untuk
mengembangkan kemampuan dan mempertahankan staf yang cakap.
Bauran Pemaasaran 7P
Bauran Pemasaran 7P
sering dikenal sebagai extensi dari maketing mix 4P yang sudah lebih dulu ada,
dan digunakan oleh para pemasar untuk memberi penekanan akan pentingnya sebuah
proses dalam membangun sebuah keunggulan bersaing, pentingnya Physical
evidence sebagai bukti bahwa perusahaan atau merek produk/layanan
tersebut memang memiliki kredibilitas yang tinggi, dan petingnya aspek People
untuk memastikan semua elemen dalam bauran pemasaran bisa dijalankan dengan
tepat.
Pada
dasarnya marketing mix 7Ps ini memang melengkapi konsep 4P yang sudah digunakan
oleh banyak pemasar sebelumnya, dimana 3P
tambahan tersebut banyak dikaitkan dengan pemasaran bidang jasa atau layanan,
itulah sebabnya model ini dikenal juga dengan bauran pemasaran jasa.
Namun secara umum, konsep 7P ini (product, price, place, promotion, people,
process, dan physical evidence) digunakan untuk mengambil keputusan dalam
pembuatan strategi komunikasi pemasaran.
Product
Produk merupakan segala sesuatu yang ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi
kebutuhan atau keinginan. Produk yang ditawarkan meliputi barang fisik, jasa,
kegiatan, pengalaman, orang, tempat, organisasi, dan ide. Jadi produk yang
berupa manfaat tangible
(langsung) maupun intangible (tidak langsung) yang
dapat memuaskan pelanggan.
Produk juga merupakan keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah
nilai kepada konsumen. Yang perlu diperhatikan dalam produk adalah konsumen
tidak hanya membeli fisik dari produk itu saja tetapi membeli manfaat dan nilai
dari produk tersebut yang disebut “the offer”. Terutama pada produk jasa
yang kita kenal tidak menimbulkan beralihnya kepemilikan dari penyedia jasa
kepada konsumen.
Price
Penentuan
harga merupakan titik kritis dalam bauran pemasaran, karena harga menetukan
“pendapat” dari suatu usaha. Di samping itu juga harga merupakan satu-satunya unsur bauran
pemasaran yang merupakan penerimaan penjualan. Sedangkan unsur
lainnya merupakan unsur biaya saja. Keputusan
penentuan harga juga sangat
signifikan di dalam penentuan nilai atau manfaat
yang diberikan kepada pelanggan dan memainkan peranan penting dalam gambaran
kualitas produk.
Strategi
penentuan harga (pricing) sangat signifikan dalam pemberian nilai kepada konsumen dan mempengaruhi citra produk, serta keputusan konsumen untuk membeli. Penetuan harga juga
berhubungan dengan pendapatan dan turut memengaruhi penawaran atau saluran
pemasaran. Akan tetapi hal terpenting adalah keputusan dalam penentuan harga
harus konsisten dengan strategi marketing secara keseluruhan.
Place
Untuk
produk industri manufactur,
place, diartikan
sebagai saluran distribusi (zero chanel, two level chanel, and multi level chanel),
sedangkan untuk produk industri jasa, place diartikan sebagai tempat
pelayanan jasa. Lokasi pelayanan jasa yang digunakan dalam memasok jasa kepada
pelanggan yang dituju merupakan kunci dari keputusan. Keputusan mengenai lokasi
pelayanan yang akan digunakan melibatkan pertimbangan bagaimana penyampaian
jasa kepada pelanggan dan di mana itu akan berlangsung. Tempat juga penting
sebagai lingkungan di mana dan bagaimana jasa akan diserahkan, sebagai bagian
dari nilai dan manfaat dari jasa.
Tempat
dalam jasa merupakan gabungan antara lokasi dan keputusan saluran distribusi,
dalam hal ini berhubungan dengan bagaimana cara penyampaian jasa kepada
konsumen dan dimana lokasi yang strategis.
Promotion
Pada
hakekatnya promosi merupakan suatu aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan
produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya. Hal yang
diperhatikan dalam promosi adalah pemilihan bauran promosi. Bauran promosi itu
tidak lain adalah bermacam-macam cara atau kegiatan promosi yang dilakukan
untuk mempengaruhi target pasar. Ada lima macam alat promosi yang dapat
digunakan yaitu:
- Periklanan (Advertising) : Banner, brosur, poster
- Promosi penjualan (Sales Promotion) : Diskon, potongan penjualan
- Publilitas (Publicity) : Customer service, public relation
- Penjualan pribadi (Personal selling) : Salesman
- Pemasaran langsung (Direct Marketing) : Website
+3p Untuk Marketing Mix Jasa
Jasa
sendiri sangat berbeda karakteristiknya dengan produk. Perbedaan produk dan
jasa dikarenakan sifat dari jasa yang tidak berwujud (intangibility), tidak
bisa disimpan/tidak tahan lama (perishability), tidak terpisahkan dengan yang
memberikan jasa (inseparability), dan bervariasi (variability) tidak sama
hasilnya meskipun dilakukan oleh satu orang yang sama. Maka untuk jasa,
marketing mix di tambah 3 lagi:
People
Orang adalah semua pelaku yang mempermainkan perana dalam penyedia jasa
sehingga dapat mempengaruhi persepsi pelanggan. Elemen-elemen dari people
adalah pegawai perusahaan, konsumen dan konsumen lain
dalam lingkungan jasa. Dalam hubungan dengan pemasaran jasa, maka orang yang
berfungsi sebagai penyedia jasa sangat mempengaruhi kualitas jasa
yang diberikan, keputusan mengenai orang ini berarti berhubungan dengan seleksi, pelatihan, motivasi
dan manajemen sumber daya manusia.
Process
Proses
merupakan gabungan semua aktivitas umumnya terdiri atas prosedur, jadwal pekerjaan, mekanisme, aktivitas, dan hal-hal rutin, dimana jasa dihasilkan dan disampikan pada konsumen., Proses dapat
dibedakan dalam dua cara yaitu:
- Kompleksitas (Complexity), berhubungan dengan langkah-langkah dan tahapan proses
- Keragaman (divergence), berhubungan dengan adanya perubahan dalam langkah-langkah atau tahapan proses.
- Layanan Konsumen (Customer service).
Physical Evidence
Physical
Evidence atau bukti fisik adalah lingkungan tempat jasa disampaikan dan tempat
penyedia jasa dengan konsumen berinteraksi. Beserta dengan semua komponen
lainnya yang mendukung terwujudnya atau terkomunikasinya jasa. Elemen dari
Physical Evidence termasuk seluruh aspek fasilitas fisik dari organisasi jasa
yang terdiri dari atribut eksterior dan interior serta hal berwujud lainnya.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar