PT Aqua Golden Mississippi
PT
Aqua Golden Mississippi, Tbk merupakan perusahaan pelopor air minum mineral
pertama kali di Indonesia yang menerapkan go publik yang tujuannya adalah
memperbaiki struktur modal menjadi lebih sehat.
Sejarah
PT
AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo,
sebagai produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia. Ide mendirikan
perusahaan AMDK timbul ketika Tirto bekerja sebagai pegawai Pertamina pada awal
tahun 1970-an dan pegawai Petronas pada awal dekade 1980-an. Ketika itu Tirto
bertugas menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat. Namun jamuan itu
terganggu ketika istri ketua delegasi mengalami diare yang disebabkan karena
mengonsumsi air yang tidak bersih. Tirto kemudian mengetahui bahwa tamu-tamunya
yang berasal dari negara Barat tidak terbiasa meminum air minum yang direbus,
tetapi air yang telah disterilkan. Ia dan saudara-saudaranya mulai mempelajari
cara memproses air minum dalam kemasan di Bangkok, Thailand, Ia meminta adiknya,
Slamet Utomo untuk magang di Polaris, sebuah perusahaan AMDK yang ketika itu
telah beroperasi 16 tahun di Thailand. Tidak mengherankan bila pada awalnya
produk Aqua menyerupai Polaris mulai dari bentuk botol kaca, merek mesin
pengolahan air, sampai mesin.
pencuci
botol serta pengisi air, karena di Indonesia sama sekali tidak ada. Atasan Tirto,
Ibnu Sutowo juga mengatakan “Aneh Tirto iki, banyu banjir kok diobokke dalam
botol”.
Tirto
mendirikan Pabrik pertamanya di Pondok Ungu, Bekasi, dan menamai pabrik itu
PT Golden Mississippi dengan kapasitas produksi enam juta liter
per tahun.Tirto sempat ragu dengan nama PT Golden Mississippi yang
meskipun cocok dengan target pasarnya, ekspatriat, namun terdengar asing di
telinga orang Indonesia. Sebelum bernama Aqua, dahulu bernama Puritas (nama
lain dari Pure Artesian Water), yang berlogo daun semanggi. Tetapi, Eulindra
Lim, mengusulkan untuk menggunakan nama Aqua karena cocok terhadap imej air
minum dalam botol serta tidak sulit untuk diucapkan. Ia setuju dan mengubah
merek produknya dari Puritas menjadi Aqua, karena kata Puritas sulit diucapkan.
Dua tahun kemudian, produksi pertama Aqua diluncurkan dalam bentuk kemasan
botol kaca ukuran 950 ml dengan harga jual Rp.75, hampir dua kali lipat
harga bensin yang ketika itu bernilai Rp.46/liter.
Setelah
beroperasi selama 30 tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia.
Pada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama)
melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan
salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan
ahli dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk,
market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera
DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang
dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.
Aqua
untuk saat ini merupakan market leader dalam medan persaingan berbagai produk
air mineral di Indonesia. Posisinya yang kuat disebabkan oleh faktor Aqua
sebagai produk air mineral yang pertama kali hadir di Indonesia serta strategi
promosi dan pemasaran yang gencar. Metode promosi yang digunakan adalah
terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak, mensponsori berbagai
acara, serta instalasi iklan billboard secara luas.
Perkembangan dari Tahun Ketahun
1973
PT AQUA Golden Mississippi didirikan sebagai pioner perusahaan air minum mineral pertama di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi.
PT AQUA Golden Mississippi didirikan sebagai pioner perusahaan air minum mineral pertama di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi.
1974
Produksi pertama AQUA diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dari pabrik di Bekasi. Harga per botol adalah Rp.75,-
Produksi pertama AQUA diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dari pabrik di Bekasi. Harga per botol adalah Rp.75,-
1984
Pabrik AQUA kedua didirikan di Pandaan di Jawa Timur, sebagai upaya agar lebih mendekatkan diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut.
Pabrik AQUA kedua didirikan di Pandaan di Jawa Timur, sebagai upaya agar lebih mendekatkan diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut.
1985
Pengembangan produk AQUA dalam bentuk kemasan PET 220 ml. Pengembangan ini membuat produk AQUA menjadi lebih berkualitas dan lebih aman untuk dikonsumsi.
Pengembangan produk AQUA dalam bentuk kemasan PET 220 ml. Pengembangan ini membuat produk AQUA menjadi lebih berkualitas dan lebih aman untuk dikonsumsi.
1993
Menyelenggarakan program AQUA Peduli (AQUA Cares), sebagai langkah pendauran ulang botol plastik AQUA menjadi materi plastik yang bisa dapat digunakan kembali.
Menyelenggarakan program AQUA Peduli (AQUA Cares), sebagai langkah pendauran ulang botol plastik AQUA menjadi materi plastik yang bisa dapat digunakan kembali.
1995
AQUA menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari. Pemrosesan air dan pembuatan kemasan AQUA dilakukan bersamaan. Hasil sistem in line ini adalah botol AQUA yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi., sehingga proses produksi menjadi lebih higienis.
AQUA menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari. Pemrosesan air dan pembuatan kemasan AQUA dilakukan bersamaan. Hasil sistem in line ini adalah botol AQUA yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi., sehingga proses produksi menjadi lebih higienis.
1998
Penyatuan AQUA dan grup DANONE pada tanggal 4 September 1998. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan AQUA sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia.
Penyatuan AQUA dan grup DANONE pada tanggal 4 September 1998. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan AQUA sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia.
2000
Bertepatan dengan pergantian milenium, AQUA meluncurkan produk berlabel Danone-AQUA.
Bertepatan dengan pergantian milenium, AQUA meluncurkan produk berlabel Danone-AQUA.
2001
DANONE meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40 % menjadi 74 %, sehingga DANONE kemudian menjadi pemegang saham mayoritas AQUA Group. AQUA menghadirkan kemasan botol kaca baru 380 ml pada 1 November 2001.
DANONE meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40 % menjadi 74 %, sehingga DANONE kemudian menjadi pemegang saham mayoritas AQUA Group. AQUA menghadirkan kemasan botol kaca baru 380 ml pada 1 November 2001.
2002
Banjir besar yang melanda Jakarta pada awal tahun menggerakkan perusahaan untuk membantu masyarakat dan juga para karyawan AQUA sendiri yang terkena musibah tersebut. AQUA menang telak di ajang Indonesian Best Brand Award. Mulai diberlakukannya Kesepakatan Kerja Bersama [KKB 2002 – 2004] pada 1 Juni 2002.
Banjir besar yang melanda Jakarta pada awal tahun menggerakkan perusahaan untuk membantu masyarakat dan juga para karyawan AQUA sendiri yang terkena musibah tersebut. AQUA menang telak di ajang Indonesian Best Brand Award. Mulai diberlakukannya Kesepakatan Kerja Bersama [KKB 2002 – 2004] pada 1 Juni 2002.
2003
Perluasan kegiatan produksi AQUA Group ditindaklanjuti melalui peresmian sebuah pabrik baru di Klaten pada awal tahun. Upaya mengintegrasikan proses kerja perusahaan melalui penerapan SAP (System Application and Products for Data Processing) dan HRIS (Human Resources Information System).
Perluasan kegiatan produksi AQUA Group ditindaklanjuti melalui peresmian sebuah pabrik baru di Klaten pada awal tahun. Upaya mengintegrasikan proses kerja perusahaan melalui penerapan SAP (System Application and Products for Data Processing) dan HRIS (Human Resources Information System).
2004
Peluncuran logo baru AQUA. AQUA menghadirkan kemurnian alam baik dari sisi isi maupun penampilan luarnya. AQUA meluncurkan varian baru AQUA Splash of Fruit, jenis air dalam kemasan yang diberi esens rasa buah strawberry dan orange-mango. Peluncuran produk ini memperkuat posisi AQUA sebagai produsen minuman.
Peluncuran logo baru AQUA. AQUA menghadirkan kemurnian alam baik dari sisi isi maupun penampilan luarnya. AQUA meluncurkan varian baru AQUA Splash of Fruit, jenis air dalam kemasan yang diberi esens rasa buah strawberry dan orange-mango. Peluncuran produk ini memperkuat posisi AQUA sebagai produsen minuman.
2005
DANONE membantu korban tsunami di ACEH. Pada tanggal 27 September, AQUA memproduksi MIZONE, minuman bernutrisi yang merupakan produk dari DANONE. MIZONE hadir dengan dua rasa, orange lime dan passion fruit.
DANONE membantu korban tsunami di ACEH. Pada tanggal 27 September, AQUA memproduksi MIZONE, minuman bernutrisi yang merupakan produk dari DANONE. MIZONE hadir dengan dua rasa, orange lime dan passion fruit.
2006-2008
Danone
berupaya untuk membuat pabrik di Serang, namun karena Danone didemo oleh warga
sekitar, Bupati, DPRD dan LSM, serta terlebih lagi kasus ini sudah sampai
Gubernur Banten yang bukan menjadi rahasia merupakan Putri dari
"penguasa" Banten maka Danone dengan terpaksa kalah atau membatalkan
pembuatan Pabrik di Serang. Sebenarnya Danone bisa berhasil membuat pabrik di
Serang seandainya Danone mau membuatkan fasilitas umum yaitu air bersih bagi
warga sekitar, karena sebenarnya yang dibutuhkan warga sekitar itu hanyalah air
bersih bukannya hanya sekadar survei atau malah penghijauan. Keadaan inilah
yang sayangnya justru dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk mencari
keuntungan pribadi.
2009
Danone
akan mulai membuat pabrik baru di Cianjur, ini merupakan pengalihan dari pabrik
Serang yang pembangunannya sementara ditunda.
2010
Aqua
mengalami perubahan signifikan pada struktur organisasi dan operasionalnya.
Perubahan tersebut adalah proses delisting
PT Aqua Golden Mississippi dari Bursa Efek Indonesia (BEI) karena berbagai
kasus sehingga status badan hukum PT AGM menjadi perusahaan tertutup. Aqua juga
memperkenalkan inovasi baru pada tutup galonnya untuk menjaga kemurnian alam.
2011-2012
Aqua
menyelenggarakan kampanye “It's in Me”
untuk sosialisasi hidup sehat kepada konsumen.
2013
Aqua
menyelenggarakan 40 tahun Aqua,
program ulang tahun Aqua ke-40 dengan tagline “Bersama untuk Indonesia”, dengan peluncuran logo baru.
2014-2015
Aqua
mengadakan kampanye iklan “Ada Aqua?”.
2016
Aqua
mengadakan kampanye iklan “Temukan
Indonesiamu”.
Penerapan Strategi dalam Tata
Kelola Perusahaan
AQUA
memegang saham lebih dari 62% dari pasar botol di Indonesia, negara berpenduduk
terbanyak kelima didunia. Memegang tampuk pimpinan menjadi sulit. Ada beberapa
rintangan yang efektif untuk masuk dalam industri air dalam botol. Teknologi air
dalam botol tidak terlalu sulit dan kebutuhan modal tidak terlalu berlebihan.
Pemasaran menyediakan keunggulan bersaing yang utama diantara diantara pembuat
air dalam botol. Penyaluran yang efisien dan pengiklanan untuk membedakan dan
memproduksi satu kesetiaan pada merek adalah kunci sukses.
Pembedaan
telah menjadi tujuan pertama Tirto. Dalam satu penggelaran pemasaran yang
cemerlang, dia telah memberi nama produknya dengan AQUA Nama Latin “Air”. Orang
asing di Indonesia, sasaran asli pemasaran dapat mengerti apa arti kata itu. Lebih
dari 300 bahasa dipakai di Indonesia dan di kepekaan suku sangat penting.
Pemilihan bentuk nama Latin adalah netral, dan tidak ada kepentingannya dengan kelompok
suku tertentu. Sebagai bonus AQUA adalah kata yang mudah untuk diucapkan untuk
pembicara setiap bahasa.
Strategi
pemasaran yang asli tidak ditujukan di Indonesia. Tirto bermaksud untuk
memapankan ceruk pasar kecil memasok air aman dan es pada orang asing di
Indonesia. Satu hal yang mengejutkan, uji pemasaran di Terminal besar di
Jakarta dan sepanjang jalan Pantura membuktikan bahwa orang-orang Indonesia ada
kemauan untuk membeli air dalam botol. Berita tentang AQUA menyebar dari kota
besar ke desa-desa kecil diseluruh pelosok tanah air. Tetapi perkiraan konsumen
harus di pikirkan. Sementara perkiran tersebut AQUA mengandung mineral sehat,
sebenarnya tidak ada apa-apanya selain air dalam botol. Tidak dikarbonasi dan
tidak pula dibumbui. Sejak semula, bagaimanapun AQUA secara umun mengacu pada
“Air Mineral AQUA” orang Indonesia tidak tahu bagaimana memperkirakan. Pada
awalnya contoh promosi penjualan AQUA dilaksanakan pada pengunjung bioskop.
Alternatif Strategi Perusahaan
dalam Menghadapi Persaingan
AQUA
menggunakan seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan
majalah membawakan logo dan slogan biru AQUA yang berbeda. Dalam menjaga
kesehatannya dan mengangkat citranya AQUA secara aktif mendukung penyelengaraan
atletik internasional seperti pada jalur dan lapangan, mendaki gunung, angkat
berat. Pada maraton yang populer dan balapan 10.000 meter truk-truk AQUA
menyediakan pelari yang kelelahan dengan pancuran air segar. Sebagai bagian
dari hubungan masyarakat, AQUA juga membuka pabriknya untuk dikunjungi
masyarakat untuk meyakinkan masyarakat pelanggan bahwa AQUA diproduksi dengan
cara yang higienis dengan fasilitas, personel, dan manajemen yang utama.
Variasi Strategi
Strategi Tingkat Corporate
Berbagai
cara dilakukan oleh PT. Aqua Golden Mississippi untuk menarik konsumen sebanyak
mungkin, salah satunya dengan cara memberi selogan yang bagus dari semua
produk, membuat iklan yang menarik, promosi di setiap pelosok tanah air, dan
lain-lain. Semua ini dilakukan agar semua orang tertarik untuk membeli atau
mencoba memakai produk dari PT. Aqua Golden Mississippi yang nantinya
diharapkan bisa menjadi pelanggan mereka.
Strategi
yang Digunakan
- Memberikan pelayanan dan kualitas yang maksimal dengan tujuan agar pelanggan selalu merasa puas dalam menggunakan produk Aqua Danone. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan pelanggan agar tidak berpaling kepada produk yang lain.
- Mengoptimalkan unsur 4P marketing mix (Produk, Harga, Distribusi, Promosi) yang kompetitif
- Kemasan Aqua semakin beragam (dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon).
Differensiasi
- AQUA melakukan strategi diferensiasi produk dan diferensiansi layanan, dimana dapat dilihat dengan melakukan strategi diferensiasi yang tepat, AQUA dapat memposisikan perusahaannya sebagai market leader.
- Diferensiasi yang tepat pula, para pesaing-pesaing AQUA tidak dapat menjadi kompetitor yang cukup tangguh bagi AQUA. Diferensiasi produk yang dilakukan AQUA adalah dengan membuat Air minum dalam kemasan yang higienis, aman dikonsumsi, dan mengandung mineral yang utuh pada setiap tetesnya karena adanya teknologi mutakhir yang tidak dimiliki oleh pesaingnya.
- Diferensiasi layanan dari AQUA adalah AQUA sangat mengutamakan kualitas pelayanan terhadap customer. Dengan PT AQUA Danone memiliki pelayanan pelanggan yang mudah di akses konsumen “AQUA menyapa” di nomor Call Center 0807-15-88888.untuk memudahkan kosumen memberikan kritik dan saran serta melayani keluhan pelanggan dengan pelayanan maksimal.
Value Chain untuk Differensiasi
Adanya kesesuaian antara kemampuan
perusahaan untuk menciptakan produk berkualitas yang sesuai dengan permintaan
para pelanggan.
- Menciptakan sebuah analisa rantai nilai.
- Identifikasi faktor penentu differensiasi.
- Pilih dan tentukan faktor-faktor kunci.
- Tempatkan keterkaitan antara rantai nilai perusahaan dan pelanggan.
Skema proses produksi dan proses pemasaran
Referensi
Dear : Custumer Import & Domestics
BalasHapusKami dari PT. TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
Services Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
Jika ada yang inggin dipertayakan, silahkan hubunggi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
Best Regards,
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id